Senin, 30 April 2012

Orang Utan is Wonderful

Fascinating


Entah dari kapan.. tapi kayaknya udah agak lama juga saya mulai menyukai primata ini =)
Yup, Orang Utan atau dikenal juga dengan sebutan Mawas. Kalau tidak salah penamaan Orang Utan muncul karena makhluk menggemaskan satu ini mirip seperti manusia sehingga disebut ‘Orang’ dan memiliki habitat di hutan ‘Utan’ maka Sim Salabiim jadilah Orang Utan..
Berdasarkan info Orang Utan ini terdiri dari dua spesies utama yaitu Orang Utan Sumatera (Pongo abelii) dan Orang Utan Kalimantan (Pomo pymageus). Tidak mengherankan memang karena kedua pulau besar ini memiliki wilayah berpohon alias hutan yang cukup luas.

Charming

Tampilan fisik???
Coba lihat gambar-gambar menggemaskan di atas. Mereka memang sangat mirip manusia ya? Mata yang bulat, raut wajah yang ekspresif, perilaku yang sangat aktif, dan sifat-sifat sepele yang sangat mirip manusia. Seperti manja, penyayang, pemarah, penyayang...mungkin sifat-sifat ini juga dimiliki oleh hewan lainnya seperti anjing tapi entah kenapa orang utan terasa lebih dekat saja (analisis pribadi). Tetapi Hey! Saya baru saja googling dan menemukan data bahwa Orang Utan memiliki tingkat kekerabatan yang dekat dengan manusia pada tingkat kingdom animalia. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat kesamaan DNA antara manusia dan Orang Utan sebesar 96,4 %. (Wow!)


Funny
Tubuh Orang Utan diselimuti rambut merah kecoklatan. Mereka mempunyai kepala yang besar dengan posisi mulut yang tinggi. Saat mencapai tingkat kematangan seksual, orangutan jantan memiliki pelipis yang gemuk pada kedua sisi, ubun-ubun yang besar, rambut menjadi panjang dan tumbuh janggut disekitar wajah. Mereka mempunyai indera yang sama seperti manusia, yaitu pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecap, dan peraba.  Berat orangutan jantan sekitar 50-90 kg, sedangkan orangutan betina beratnya sekitar 30-50 kg. Telapak tangan mereka mempunyai 4 jari-jari panjang ditambah 1 ibu jari. Telapak kaki mereka juga memiliki susunan jari-jemari yang sangat mirip dengan manusia. (Tuh ‘kan!!)



Bencana 

Mungkin saking lucu dan imutnya primata ini sampai-sampai harus selalu dilindungi untuk menghindar dari kejaran pemburu. Populasinya tinggal sedikit sekali. Selain itu, habitat hewan ini juga habis dihancurkan oleh orang-orang yang tidak punya iman sama hari kiamat L!!

Mana itu eh reboisasi???? Kenapa harus hutan mereka coba?? Hmm.. kalau Orang utan itu bisa balas dendam mungkin penjahat-penjahat itu bakal ketakutan kalau sampai rumahnya dicuri. Biar Allah yang membalas...

Belum lagi kasus perkebunan kelapa sawit baru-baru ini yang ternyata punya borok yang udah stadium empat ckck

Masa Orang Utan dianggap hama??? Hello???? Kalian semua itu pasti bukan anak sekolahan ya??? Percuma kayaknya sekolah tinggi-tinggi bahkan ada yang pake gelar asing gitu ckck. Gelarmu itu bull**it Bung! Bodoh rasanya Orang Utan dibilang hama. Wong jelas-jelas dia itu primata, agen kehidupan, agen ilmu. Wah, benar-benar sarjana tidak berpikir panjang kalau mereka semua dibunuh nanti cucumu mau belajar apa toh? Bisa-bisa nanti cucumu kehilangan moral dan akan bikin bom atom buat anda, keluarga dan bumi karena saking inginnya menguasai dunia. Aduh, dasar deh kalian itu lebih kasihan daripada orang-orang yang kasihani. Let’s buy a mirror ! ngaca aja deh anda!


Semankin jelas ya, entropi semakin merajalela dan akhirnya kita Cuma bisa nunggu kiamat, Big Bang atau apapun itu datang dan BUM !

YOUR PATHETIC MAN!!!


Oke, saya ga mau marah-marah terlalu banyak, nanti keriputan lagi hehe.

Pada intinya saya menulis semua ini atas nama orang awam yang sangat peduli terhadap primata satu ini. Betapa inginnya saya memeluk mereka, mengajak bermain, bahkan mencium haha dan berfoto tentunya J

Sungguh, mereka itu menggemaskan dan memprihatinkan. Saya hanya khwatir kalau nanti cucu-cucu saya Cuma tau mereka dari buku sejarah...



Jangan sampai...
Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Checker